Soal:
Aktivitas ini bertujuan menganalisis perbedaan tiga bentuk penulisan
fungsi kuadrat dikaitkan dengan grafiknya. Perhatikan tiga bentuk penulisan
fungsi kuadrat berikut.
Bentuk 1: f(x) = ax2 + bx
+ c
Bentuk 2: f(x) = a(x - p)2 + q
Bentuk 3: f(x) = a(x - m)(x
- n)
1. Gambarlah
beberapa grafik untuk masing-masing bentuk !
2. Pada
bentuk 1, apakah yang direpresentasikan nilai c ?
3. Pada
bentuk 2, apakah yang direpresentasikan nilai p dan q ?
4. Pada
bentuk 3, apakah yang direpresentasikan nilai m dan n ?
5. Suatu
grafik fungsi kuadrat memotong sumbu x
di (2,0) dan (5,0) dan memotong sumbu y di (0,−20). Dari yang diketahui
ini, manakah dari tiga bentuk di atas yang paling tepat digunakan untuk
menentukan model fungsi kuadratnya? Tentukan fungsi tersebut !
6. Suatu
grafik fungsi kuadrat memiliki titik puncak (4,−6) dengan salah satu titik
potong sumbu x adalah (8,0). Dari yang diketahui ini, manakah
dari tiga bentuk di atas yang paling tepat digunakan untuk menentukan model
fungsi kuadratnya? Tentukan fungsi tersebut !
7. Suatu
grafik fungsi kuadrat adalah grafik f(x) = 3x2 + 6x
yang digeser ke bawah tanpa mengubah sumbu simetrinya sehingga f(2) = 5 . Dari yang diketahui ini, manakah dari tiga
bentuk di atas yang paling tepat digunakan untuk menentukan model fungsi
kuadratnya? Tentukan fungsi tersebut !
Jawaban:
1. Gambar
beberapa grafik untuk masing-masing bentuk:
a.1. Grafik f(x) = ax2 + bx
+ c , dengan a = 1 , b = 2, c = 3
a.2. Grafik f(x) = ax2 + bx + c , dengan a =
-1 , b = 2, c
= 2
a.3. Grafik f(x) = ax2 + bx
+ c , dengan a = 1 , b = 3, c = 1
a.4. Grafik f(x) = ax2 + bx
+ c , dengan a = 1 , b = 3, c = -1
b.1. Grafik f(x) = a(x - p)2 + q, dengan a = 1 , p =
2, q = 1
b.2. Grafik f(x) = a(x - p)2 + q, dengan a = -1 , p =
2, q = 3
b.3. Grafik f(x) = a(x - p)2 + q, dengan a = -1 , p = -2, q
= 3
b.4. Grafik f(x) = a(x - p)2 + q, dengan a = 3 , p = -2, q
= 1
c.1. Grafik f(x) = a(x - m)(x
- n), dengan a = 1 , m = 2, n = 5
c.2. Grafik f(x) = a(x - m)(x
- n), dengan a = 1 , m = 1, n = 4
c.3. Grafik f(x) = a(x - m)(x
- n), dengan a = 1 , m = -1, n = 2
c.4. Grafik f(x) = a(x - m)(x
- n), dengan a = -1 , m = -1, n = 2
2. Pada
bentuk 1: f(x) = ax2 + bx
+ c, yang direpresentasikan
nilai c adalah menunjukkan koordinat
perpotongan grafik terhadap sumbu y.
3. Pada
bentuk 2: f(x) = a(x - p)2 + q, yang direpresentasikan nilai p dan q adalah menunjukkan koordinat titik puncak atau nilai
minimum/maksimum dari sebuah grafik.
4. Pada
bentuk 3: f(x) = a(x - m)(x
- n), yang direpresentasikan
nilai m dan n adalah menunjukkan koordinat
perpotongan grafik pada sumbu x atau
merupakan akar dari persamaan kuadrat.
5. Suatu
grafik fungsi kuadrat memotong sumbu x
di (2,0) dan (5,0) dan memotong sumbu y di (0,−20). Dari yang diketahui tersebut,
bentuk yang paling tepat digunakan untuk menentukan model fungsi kuadratnya
adalah bentuk ke-3: f(x) = a(x - m)(x - n)
f(x) = a(x - 2)(x - 5)
f(x) = a(x2 - 7x + 10)
f(x) = a(x2 - 7x + 10)
karena grafik memotong sumbu
y di (0,-20) maka x = 0 dan y = -20
x = 0 dan y = -20, disubstitusikan ke persamaan f(x) = a(x2 - 7x + 10), sehingga
-20 = a((0)2-7(0) + 10)
-20 = 10a
a = -2 ......
disubtitusikan ke persamaan f(x) = a(x2 - 7x + 10)
f(x) = -2(x2 - 7x + 10)
f(x) = -2x2 +14x - 20
Jadi fungsi tersebut adalah f(x) = -2x2 +14x - 20
6. Suatu
grafik fungsi kuadrat memiliki titik puncak (4,−6) dengan salah satu titik
potong sumbu x adalah (8,0). Dari yang diketahui ini, bentuk
yang paling tepat digunakan untuk menentukan model fungsi kuadratnya adalah
bentuk 2: f(x) = a(x - p)2 + q
titik puncak (4,−6) yang
berarti p = 4 dan q = -6
f(x) = a(x - p)2 + q
0 = a
(8 - 4)2 + (-6)
0 = a
(4)2 + (-6)
0 = a
(4)2 + (-6)
16a
= 6
a
= 3/8 .......... substitusikan ke
persamaan f(x) = a(x - p)2 + q
f(x) = 3/8(x - 4)2 + (-6)
f(x) = 3/8(x2 - 8x + 16) + (-6)
f(x) = 3/8x2 - 3x + 6 + (-6)
f(x) = 3/8x2 -3x atau
f(x) = 0,375 x2
-3x
Jadi fungsi tersebut adalah f(x) = 3/8x2
-3x atau f(x) = 0,375 x2
-3x
7. Suatu
grafik fungsi kuadrat adalah grafik f(x) = 3x2 + 6x
yang digeser ke bawah tanpa mengubah sumbu simetrinya sehingga f(2) = 5 . Untuk menentukan model fungsi kuadratnya yang
tepat adalah bentuk 1: f(x) = ax2 + bx
+ c
f(x) = 3x2 + 6x
+ c
f(2) = 3(2)2
+ 6(2) + c
5
= 3(4) + 12 + c
5 = 12 +12 + c
c
= 5 - 24
c
= -19 ....... substitusikan ke
persamaan f(x) = 3x2 + 6x
+ c
f(x) = 3x2 + 6x
– 19
5 komentar:
Pak,kalau soal ini gimana jawabannya.
Petunjuk:
Perhatikan soal-soal berbentuk pilihan ganda berikut ini.
Manakah pilihan jawaban yang paling tepat dan berikan alasan mengapa Anda memilih jawaban tersebut. Berikan pula alasan mengapa Anda tidak memilih pilihan jawaban yang lain.
Berikut ini adalah sebagian dari inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP/MTs:
(1) Memahami konsep matematika
(2) Mengembangkan penalaran
(3) Menyelesaikan masalah matematika
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran
(5) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan
(6) Memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dalam matematika dan pembelajarannya
Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa belajar tentang "menurunkan rumus untuk menentukan
keliling dan luas segiempat" adalah ....
A. (1), (2)
B. (2), (3)
C. (3), (4)
D. (5), (6)
Pilihan jawaban benar: …………………………………………………………………….
Alasan memilih jawaban benar: ………………………………………………………....
Alasan tidak memilih jawaban lainnya: ……………………………………………......
2. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun
oleh seorang guru pada KD: “ Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan
kekongruenan antar bangun datar”:
(1) menyebutkan ciri-ciri dua bangun yang kongruen dan sebangun sebangun
(2) mengidentifikasi dua bangun yang kongruen dan sebangun
(3) menentukan kekongruenan antar bangun
(4) menentukan kesebangunan antar bangun
(5) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kekongruenan antar bangun
(6) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan antar bangun
IPK yang tepat adalah …
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)
Pilihan jawaban benar: ………………………………………………………………………….
Alasan memilih jawaban benar:………......…………………………………………………..
Alasan tidak memilih jawaban lainnya: ……………………………………………………..
3. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa terampil dalam
menentukan perbandingan luas kertas yang diperlukan ketika mencetak foto
berukuran 2x3 dan 4x6 dan masing-masing sebanyak 10 lembar adalah…
A. Kesebanguan antar bangun
B. kekongruenan antar bangun
C. luas persegi panjang
D. perbandingan berbalik nilai
Pilihan jawaban benar: ………………………………………………………………………….
Alasan memilih jawaban benar:…......………………………………………………………..
Alasan tidak memilih jawaban lainnya: ……………………………………………………..
.
coba klik: http://hermantoerni.blogspot.co.id/2016/12/pembahasan-soal-tagihan-1-gpo-modul-e.html
ia pak ada. makasih banyak pak...
Pak minta tolong bantuannya untuk Tagihan 2 - koordinat Kartesius, dan relasi, fungsi
1. Pada sebuah papan triplek digambar bidang koordinat Kartesius. Sebuah dadu digerakkan di atas papan triplek tersebut. Gerakan bermula dari titik (0,0) dan untuk satu kali gerakan mengikuti pola sebagai berikut: (1 satuan ke atas , 1 satuan ke kiri, 1 satuan ke bawah dan 1 satuan ke kanan), (1 satuan ke atas, 1 satuan ke kiri, 1 satuan ke bawah dan 1 satuan ke kanan), dan seterusnya. Tentukan koordinat dadu setelah bergerak 1000 kali. Jelaskan jawaban Anda.
a. Bagaimana cara menentukan posisi tempat terhadap Pos Utama
b. Tentukan prosedur menentukan posisi Tenda 2 terhadap tanah lapang.
c. Dari Pos Utama, tentukan koordinat dari Kolam ?
d. Dari Pos 2, tentukan koordinat dari Tenda 3?
e. Dari Perumahan, tentukan koordinat dari Pos 3
2. Waktu menyala (dalam detik) lampu lalu lintas berwarna kuning dinyatakan dalam fungsi t(s) = 0,05s + 1, dengan s melambangkan batas kecepatan di jalan tersebut. Berapa lama lampu kuning akan tetap menyala apabila batas kecepatan di jalan itu 72 km per jam?
Silahkan dibuka kembali:
http://hermantoerni.blogspot.co.id/2016/12/tagihan-sesi-2-koordinat-kartesius.html
Posting Komentar