Petunjuk:
Perhatikan
soal-soal berbentuk pilihan ganda berikut ini.
Manakah
pilihan jawaban yang paling tepat dan berikan alasan mengapa Anda memilih
jawaban tersebut. Berikan pula alasan mengapa Anda tidak memilih
pilihan jawaban yang lain.
Berikut ini
adalah sebagian dari inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP/MTs:
(1) Memahami
konsep matematika
(2) Mengembangkan penalaran
(3) Menyelesaikan masalah matematika
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran
(5) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan
(6) Memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dalam matematika dan pembelajarannya.
(2) Mengembangkan penalaran
(3) Menyelesaikan masalah matematika
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran
(5) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan
(6) Memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dalam matematika dan pembelajarannya.
Fokus tujuan
yang hendak dicapai ketika siswa belajar tentang "menurunkan rumus untuk
menentukan keliling dan luas segiempat" adalah ....
A. (1), (2)
B. (2), (3)
C. (3), (4)
D. (5), (6)
Pilihan jawaban benar: A
Alasan memilih jawaban benar:
Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa belajar
tentang "menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas
segiempat" adalah memahami konsep
matematika dan mengembangkan
penalaran. Dalam proses pembelajaran menurunkan rumus untuk menentukan keliling
dan luas segiempat seorang siswa akan berusaha memahami konsep matematika dan
juga akan mengembangkan penalaran mereka.
Alasan tidak memilih jawaban lainnya:
Tidak memilih B, karena
kurang tepat yaitu terdapat tujuan pembelajaran untuk kompetensi keterampilan
yaitu menyelesaikan masalah matematika sedangkan fokus tujuan hendak dicapai ketika siswa belajar
tentang "menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat.
Tidak memilih C, karena
kurang tepat yaitu terdapat tujuan pembelajaran untuk kompetensi keterampilan menyelesaikan
masalah matematika sedangkan fokus tujuan hendak dicapai ketika siswa belajar tentang
"menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat.
Tidak memilih D, karena
kurang tepat yaitu terdapat tujuan pembelajaran pada piont D adalah untuk
kompetensi sikap sedangkan fokus tujuan hendak dicapai ketika siswa belajar tentang
"menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat yang
merupakan kompetensi pengetahuan.
2. Berikut
ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang
disusun
oleh seorang guru pada KD: “ Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan
kekongruenan antar bangun datar”:
oleh seorang guru pada KD: “ Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan
kekongruenan antar bangun datar”:
(1) menyebutkan ciri-ciri dua bangun yang kongruen dan sebangun
sebangun
(2) mengidentifikasi dua bangun yang kongruen dan sebangun
(3) menentukan kekongruenan antar bangun
(4) menentukan kesebangunan antar bangun
(5) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kekongruenan antar bangun
(6) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan antar bangun
(2) mengidentifikasi dua bangun yang kongruen dan sebangun
(3) menentukan kekongruenan antar bangun
(4) menentukan kesebangunan antar bangun
(5) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kekongruenan antar bangun
(6) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan antar bangun
IPK yang tepat adalah …
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)
Pilihan jawaban benar: B
Alasan memilih jawaban benar:
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK) yang pada KD: “ Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan
antar bangun datar” adalah:
1. Menentukan kekongruenan antar
bangun
2. Menentukan kesebangunan
antar bangun
Alasan tidak
memilih jawaban lainnya:
Tidak memilih A, karena
kurang tepat yaitu indikatornya adalah antar bangun datar sedangkan pada point
A adalah (1) menyebutkan
ciri-ciri dua bangun yang kongruen dan sebangun (2) mengidentifikasi dua bangun yang kongruen dan
sebangun.
Tidak memilih C, karena
kurang tepat yaitu terdapat indikatornya untuk kompetensi keterampilan
menyelesaikan masalah matematika sedangkan tujuan indikator soal adalah untuk
menjelaskan dan menentukan yang merujuk pada ranah pengetahuan.
Tidak memilih D, karena
kurang tepat yaitu terdapat indikatornya untuk kompetensi keterampilan
menyelesaikan masalah matematika sedangkan tujuan indikator soal adalah untuk
menjelaskan dan menentukan yang merujuk pada ranah pengetahuan.
3. Materi
pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa terampil dalam
menentukan perbandingan luas kertas yang diperlukan ketika mencetak foto
berukuran 2x3 dan 4x6 dan masing-masing sebanyak 10 lembar adalah…
menentukan perbandingan luas kertas yang diperlukan ketika mencetak foto
berukuran 2x3 dan 4x6 dan masing-masing sebanyak 10 lembar adalah…
A. Kesebanguan antar bangun
B. Kekongruenan antar bangun
C. Luas persegi panjang
D. Perbandingan berbalik nilai
B. Kekongruenan antar bangun
C. Luas persegi panjang
D. Perbandingan berbalik nilai
Pilihan
jawaban benar: B (Kekongruenan antar bangun)
Alasan memilih jawaban benar:
Materi yang tepat agar siswa
terampil dalam menentukan perbandingan luas kertas yang diperlukan ketika
mencetak foto berukuran 2x3 dan 4x6 dan
masing-masing sebanyak 10 lembar adalah kekongruenan antar bangun,
karena ukuran bangun yang akan dipelajari tersebuat adalah sama dan
sebangun.
Alasan tidak
memilih jawaban lainnya:
Tidak memilih A, karena jika
kesebangunan terlalu luas untuk materi dengan tujuan yang akaan dicapai.
Tidak memilih C, karena inti
dari tujuan adalah menentukan perbandingan luas kertas dari bangun yang
kongruen dan bukan mencari luasnya.
Tidak memilih D, karena inti
dari tujuan adalah menentukan perbandingan luas kertas dari bangun yang
kongruen dan bukan hanya mencari perbandingan berbalik nilai.
0 komentar:
Posting Komentar