Rabu, 07 Desember 2016

Pembahasan Soal Tagihan 1. GPO Modul E Kurikulum II

Petunjuk:
Perhatikan soal-soal berbentuk pilihan ganda berikut ini.
Manakah pilihan jawaban yang paling tepat dan berikan alasan mengapa Anda memilih jawaban tersebut. Berikan pula alasan mengapa Anda tidak memilih pilihan jawaban yang lain.
Berikut ini adalah sebagian dari inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP/MTs:
(1) Memahami konsep matematika
(2) Mengembangkan penalaran
(3) Menyelesaikan masalah matematika
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran
(5) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan
(6) Memiliki sikap dan perilaku  yang sesuai dengan nilai-nilai dalam matematika dan pembelajarannya.

Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa belajar tentang "menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat" adalah ....
A. (1), (2)
B. (2), (3)
C. (3), (4)
D. (5), (6)
       Pilihan jawaban benar:  A
      Alasan memilih jawaban benar:
Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa belajar tentang "menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat" adalah memahami konsep matematika dan mengembangkan penalaran. Dalam proses pembelajaran menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat seorang siswa akan berusaha memahami konsep matematika dan juga akan mengembangkan penalaran mereka.
      Alasan tidak memilih jawaban lainnya:
Tidak memilih B, karena kurang tepat yaitu terdapat tujuan pembelajaran untuk kompetensi keterampilan yaitu menyelesaikan masalah matematika sedangkan fokus tujuan hendak dicapai ketika siswa belajar tentang "menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat.
Tidak memilih C, karena kurang tepat yaitu terdapat tujuan pembelajaran untuk kompetensi keterampilan menyelesaikan masalah matematika sedangkan fokus tujuan hendak dicapai ketika siswa belajar tentang "menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat.
Tidak memilih D, karena kurang tepat yaitu terdapat tujuan pembelajaran pada piont D adalah untuk kompetensi sikap sedangkan fokus tujuan hendak dicapai ketika siswa belajar tentang "menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat yang merupakan kompetensi pengetahuan.


           

2. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun
    oleh seorang guru pada KD:  “ Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan
    kekongruenan antar bangun datar”
:               
    (1)  menyebutkan ciri-ciri dua bangun yang kongruen dan sebangun sebangun
    (2)  mengidentifikasi dua bangun yang kongruen dan sebangun
    (3)  menentukan kekongruenan antar bangun
    (4)  menentukan  kesebangunan antar bangun
    (5)  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kekongruenan antar bangun
    (6)  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan antar bangun
    IPK yang tepat adalah …
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan  (6)
       Pilihan jawaban benar:  B
      Alasan memilih jawaban benar:
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang pada KD:  “ Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar” adalah:
1. Menentukan kekongruenan antar bangun
2. Menentukan  kesebangunan antar bangun
   
Alasan tidak memilih jawaban lainnya:
Tidak memilih A, karena kurang tepat yaitu indikatornya adalah antar bangun datar sedangkan pada point A adalah (1) menyebutkan ciri-ciri dua bangun yang kongruen dan sebangun (2)  mengidentifikasi dua bangun yang kongruen dan sebangun.
Tidak memilih C, karena kurang tepat yaitu terdapat indikatornya untuk kompetensi keterampilan menyelesaikan masalah matematika sedangkan tujuan indikator soal adalah untuk menjelaskan dan menentukan yang merujuk pada ranah pengetahuan.
Tidak memilih D, karena kurang tepat yaitu terdapat indikatornya untuk kompetensi keterampilan menyelesaikan masalah matematika sedangkan tujuan indikator soal adalah untuk menjelaskan dan menentukan yang merujuk pada ranah pengetahuan.

3. Materi pembelajaran yang paling  tepat dipilih agar siswa terampil dalam    
    menentukan perbandingan luas kertas yang diperlukan ketika mencetak foto
    berukuran 2x3 dan 4x6 dan  masing-masing sebanyak 10 lembar adalah…
A. Kesebanguan antar bangun
B. Kekongruenan antar bangun
C. Luas persegi panjang
D. Perbandingan berbalik nilai
Pilihan jawaban benar:  B (Kekongruenan antar bangun)
      Alasan memilih jawaban benar:
Materi yang tepat agar siswa terampil dalam menentukan perbandingan luas kertas yang diperlukan ketika mencetak foto berukuran 2x3 dan 4x6 dan  masing-masing sebanyak 10 lembar adalah kekongruenan antar bangun, karena ukuran bangun yang akan dipelajari tersebuat adalah sama dan sebangun.
Alasan tidak memilih jawaban lainnya:
Tidak memilih A, karena jika kesebangunan terlalu luas untuk materi dengan tujuan yang akaan dicapai.
Tidak memilih C, karena inti dari tujuan adalah menentukan perbandingan luas kertas dari bangun yang kongruen dan bukan mencari luasnya.

Tidak memilih D, karena inti dari tujuan adalah menentukan perbandingan luas kertas dari bangun yang kongruen dan bukan hanya mencari perbandingan berbalik nilai.

0 komentar: