Kamis, 22 Desember 2016

Prediksi Soal dan Jawaban Tes Akhir Guru Pembelajar Online Modul B Mapel Matematika SMP

1. Suatu aliran teori belajar yang menekankan belajar sebagai suatu sistem respon tingkah laku individu terhadap rangsangan fisik adalah … .
A. Maturasionisme
B. Kognitivisme
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme

2. Siswa akan merasa siap ujian dan hasilnya akan lebih baik jika memang sudah diberikan informasi akan adanya ujian pada jadwal yang telah ditentukan. Hal tersebut sesuai dengan dalil ... .
A. law of effect
B. law of execise
C. law of readiness
D. law of test

3. Agar siswa mampu menyelesaikan persamaan kuadrat, guru harus sering memberikan latihan soal yang mengaplikasikan persamaan kuadrat tersebut. Hal tersebut sesuai dengan dalil ... .
A. law of effect
B. law of execise
C. law of readiness
D. law of test

4. Setelah mendapatkan pujian dari gurunya karena mampu mendapatkan nilai bagus pada ulangan matematika, Siti semakin menunjukkan keberhasilan dalam proses belajar matematika. Hal tersebut sesuai dengan dalil ... .
A. law of effect
B. law of execise
C. law of readiness
D. law of test

5. Manusia dengan tingkahlakunya dapat menentukan/mempengaruhi/mengontrol lingkungan, tetapi manusia tersebut juga dikontrol oleh kekuatan lingkungan itu. Pernyataan ini merupakan pengertian dari konsep ... .
A. Reciprocal determinism
B. Beyond reinforcement
C. Self-regulation/cognition
D. Stimulus reinforcement

6. Konsep yang menempatkan manusia sebagai pribadi yang dapat mengatur diri sendiri, mempengaruhi tingkah laku dengan cara mengatur lingkungan, menciptakan dukungan kognitif, dan mengadakan konsekuensi bagi bagi tingkah lakunya sendiri disebut dengan ... .
A. Reciprocal determinism
B. Beyond reinforcement
C. Self-regulation/cognition
D. Stimulus reinforcement

7. Suatu tingkah laku manusia akan terus terjadi atau tidak, tetapi itu bukan satu-satunya pembentuk tingkah laku. Orang dapat belajar melakukan sesuatu hanya dengan mengamati dan kemudian mengulang apa yang dilihatnya. Pernyataan ini merupakan pengertian dari konsep ... .
A. Reciprocal determinism
B. Beyond reinforcement
C. Self-regulation/cognition
D. Stimulus reinforcement

8. Pernyataan berikut ini benar dan berkaitan dengan teory Vygotsky, kecuali ... .
A. Tingkat perkembangan aktual tampak dari kemampuan anak menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah dengan bantuan orang dewasa
B. Dua konsep penting dalam teori Vygotsky, yaitu Zone of Proximal Development (ZPD) dan scaffolding
C. Scaffolding adalah bantuan yang diberikan oleh individu yang memiliki pengetahuan ataupun struktur kognitif yang tinggi (guru, teman) kepada individu yang memiliki struktur kognitif kurang
D. Pada proses pengkonstruksian pengetahuan terjadi perubahan struktur kognitif dari skema yang telah ada menjadi skema baru yang lebih lengkap. Proses internalisasi (Tahap III) ini, menurut Vygotsky merupakan aktivitas mental tingkat tinggi jika terjadi karena adanya interaksi sosial

9. Berikut ini yang tidak termasuk pertumbuhan kognitif/pendewasaan intelektual seseorang menurut Bruner adalah ... .
A. Seseorang yang cenderung mengubah respons dalam lingkungan stimulus yang berubah-ubah
B. Pertumbuhan intelektual salah satunya ditunjukkan oleh bertambahnya ketidak-tergantungan respons dari sifat stimulus
C. Ada kalanya seorang anak mempertahankan suatu respons dalam lingkungan stimulus yang berubah-ubah, atau belajar mengubah responnya dalam lingkungan stimulus yang tidak berubah
D. Melalui pertumbuhan, seseorang memperoleh kebebasan dari pengontrolan stimulus melalui proses-proses perantara yang mengubah stimulus sebelum respons

10. Andi belajar matematika melalui benda konkret di lingkungannya secara aktif. Misalnya memperhatikan dan menghitung lima ekor kelinci. Menghitung banyaknya kaki dari lima ekor kelinci tersebut. Cara belajar Andi ini termasuk dalam penyajian ... .
A. Enaktif
B. Ikonik
C. Simbolik
D. Kontekstual

11. Anton tidak langsung mengamati tiga buah becak untuk dapat menghitung jumlah roda dari tiga buah becak. Anton cukup melihat gambar becak, mengetahui bahwa becak memiliki tiga roda, dan akhirnya mampu menghitung banyaknya roda dari tiga buah becak. Cara penyajian informasi dalam diri Anton bersifat ... .
A. Enaktif
B. Ikonik
C. Simbolik
D. Kontekstual

12. Ketika siswa tidak lagi terikat dengan objek-objek ataupun gambar simulasi obyek serta sudah mampu menggunakan notasi tanpa ketergantungan terhadap objek lain, dikatakan anak sudah memasuki cara penyajian ... .
A. Enaktif
B. Ikonik
C. Simbolik
D. Kontekstual

13. Lia langsung menuliskan angka 7 + n = 15 ketika mendapatkan soal “jika Widi memiliki tujuh buah buku, berapakah buku yang harus dia beli agar jumlah bukunya menjadi 15?”. Kemampuan Lia ini ada pada cara penyajian ... .
A. Enaktif
B. Ikonik
C. Simbolik
D. Kontekstual

14. Anak yang mempelajari konsep perkalian yang didasarkan pada prinsip penjumlahan berulang, akan lebih memahami konsep tersebut. Anak dapat mencoba menggunakan garis bilangan untuk memperlihatkan perkalian. Misalnya 3× 5, anak tersebut membuat lompatan 3 kali pada garis bilangan sejauh 5 satuan, hasil loncatan tersebut 15. Hal tersebut sesuai dengan ... .
A. Dalil Penyusunan (Construction Theorem)
B. Dalil Notasi (Notation Theorem)
C. Dalil Pengkontrasan dan Variasi (Contrast and Variation Theorem)
D. Dalil Konektivitas atau Pengaitan (Connectivity Theorem)

15. Notasi yang digunakan dalam menyatakan sebuah konsep tertentu harus disesuaikan dengan tahap perkembangan mental anak. Ini berarti untuk menyatakan sebuah rumus misalnya, maka notasinya harus dapat dipahami oleh anak, tidak rumit dan mudah dimengerti. Hal tersebut sesuai dengan ... .
A. Dalil Penyusunan (Construction Theorem)
B. Dalil Notasi (Notation Theorem)
C. Dalil Pengkontrasan dan Variasi (Contrast and Variation Theorem)
D. Dalil Konektivitas atau Pengaitan (Connectivity Theorem)

16. Untuk menjelaskan segitiga siku-siku, perlu diberi contoh yang gambar bermacam-macam segitiga yang berbeda-beda kemiringannya. Dengan cara ini anak terlatih dalam memeriksa, apakah segitiga yang diberikan kepadanya tergolong segitiga siku-siku atau bukan. Hal tersebut sesuai dengan ... .
A. Dalil Penyusunan (Construction Theorem)
B. Dalil Notasi (Notation Theorem)
C. Dalil Pengkontrasan dan Variasi (Contrast and Variation Theorem)
D. Dalil Konektivitas atau Pengaitan (Connectivity Theorem)

17. Guru perlu menjelaskan bagaimana hubungan antara sesuatu yang sedang dijelaskan dengan objek atau rumus lain. Hal tersebut sesuai dengan ... .
A. Dalil Penyusunan (Construction Theorem)
B. Dalil Notasi (Notation Theorem)
C. Dalil Pengkontrasan dan Variasi (Contrast and Variation Theorem)
D. Dalil Konektivitas atau Pengaitan (Connectivity Theorem)

18. Suatu aliran teori belajar yang menekankan belajar sebagai suatu sistem respons tingkah laku individu terhadap rangsangan fisik adalah … .
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Maturasionisme
D. Kognitivisme

19. Tiga konsep penting yang menjadi dasar konsep teori belajar sosial Bandura adalah … .
A. Recinforcement determinism, stimulus reinforcement, Self-regulation/cognition
B. Reciprocal determinism, Beyond reinforcement, Self-efficacy
C. Reciprocal determinism, Beyond reinforcement, Self-regulation/cognition
D. Response determinism, Beyond reinforcement, Self-regulation/cognition

20. Hakikat belajar menurut Skinner adalah … .
A. Belajar adalah suatu proses pembiasaan
B. Belajar adalah suatu proses yang membutuhkan penguatan atau ganjaran
C. Belajar adalah proses mengaitkan informasi baru dengan konsep-konsep yang relevan dan terdapat dalam struktur kognitif seseorang
D. Belajar adalah proses yang bermakna

21. Berikut adalah tahap-tahap belajar anak dalam belajar geometri menurut Van Hiele, kecuali … .
A. Tahap pengenalan
B. Tahap analisis
C. Tahap deduksi
D. Tahap eliminasi

22. Suatu tahap belajar geometri berdasarkan teori Van Hiele dimana siswa sudah mengenali bahwa persegi adalah jajargenjang dan belah ketupat adalah layang-layang disebut sebagai tahap … .
A. Pengurutan
B. Deduksi
C. Akurasi
D. Analisis

23. Suatu tahap dimana siswa meninjau kembali dan meringkas apa yang telah dipelajari dan guru membantu membuat sintesis dengan melengkapi survey secara global terhadap apa-apa yang telah dipelajari siswa disebut dengan tahap ... .
A. Integrasi
B. Orientasi
C. Eksplisitasi
D. Informasi

24. Konsep penting dalam teori belajar dari Vygotsky adalah ….
A. Scaffolding dan Conditioning
B. Scaffolding dan Zone of Proximal Development (ZPD)
C. Zone of Proximal Development (ZPD), lawofeffect, dan scaffolding
D. Reinforcement dan Punishment

25. Suatu proses dimana seorang individu yang lebih banyak pengetahuannya membantu individu yang lebih sedikit pengetahuannya untuk menuntaskan suatu masalah melampaui tingkat kemampuannya disebut … .
A. Penguatan
B. Zone of Proximal Development (ZPD)
C. Scaffolding
D. Reconciliation

26. Berikut adalah konsep penting dari teori belajar Bandura adalah … .
A. Individu belajar melalui meniru
B. Individu belajar melalui pembiasaan (conditioning)
C. Individu belajar melalui interaksi sosial dengan individu lain
D. Individu belajar melalui latihan dan pengulangan

27. Teori belajar dari Thorndike disebut juga dengan istilah koneksionisme. Makna Koneksionisme adalah … .
A. Proses pembentukan hubungan antara stimulus dan respon
B. Hubungan antara penguatan dan hukuman
C. Hubungan antara individu dengan individu lain
D. Proses pembentukan perkembangan potensial individu

28. Suatu tahap perkembangan dimana seorang individu dapat mencapainya bilamana dengan belajar sendiri dengan pemfungsian intelektual individu saat ini dan kemampuan untuk belajar sesuatu yang khusus atas kemampuannya sendiri tanpa bantuan orang lain untuk memecahkan masalah disebut sebagai
… .
A. Tahap perkembangan aktual
B. Tahap internalisasi
C. Tahap perkembangan potensial
D. Tahap interaksi

29. Suatu tahap perkembangan yang dialami seorang individu ketika berinteraksi dengan individu lain melalui diskusi dalam kelompok kecil berdasarkan teori belajar dari Vygotsky disebut adalah ….
A. Tahap perkembangan awal
B. Tahap internalisasi
C. Tahap perkembangan potensial
D. Tahap interaksi

30. Aliran pembelajaran yang menekankan bahwa pengetahuan dikonstruksi individu melalui interaksi sosial dengan individu-individu lain terlebih yang mempunyai pengetahuan dan sistem cultural yang lebih baik disebut ….
A. Konstruktivisme
B. Konstruktivisme personal
C. Konstruktivisme sosial
D. Behaviorisme

31. Berikut merupakan implikasi dari teori belajar dari Thorndike dalam pembelajaran, kecuali ….
A. Menggunakan contoh dalam kehidupan sehari-hari yaitu memanfaatkan alat peraga dari alam sekitar akan lebih dihayati.
B. Metode pemberian tugas, metode latihan (drill dan practice) akan lebih cocok untuk penguatan dan hafalan
C. Materi disusun dari materi yang mudah, sedang, dan sukar sesuai dengan tingkat kelas, dan tingkat sekolah dalam penyusunan kurikulum.
D. Penguasaan materi yang lebih mudah sebagai akibat untuk dapat menguasai materi yang lebih sukar

32. Berdasarkan teori belajar dari Skinner, hal yang seharusnya dilakukan guru dalam pembelajaran di kelas agar siswa mampu memahami proses belajarnya adalah ….
A. Memberikan penguatan
B. Memberikan contoh agar ditiru siswa
C. Membiasakan siswa berpikir dengan memberikan PR
D. Memberikan (drill) soal

33. Tiga unsur utama dalam pembelajaran geometri yang apabila ditata secara terpadu akan dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak yaitu ….
A. Waktu, metodepembelajaran, dan alat peraga
B. Metodepembelajaran, materi ajar, dan evaluasi
C. Waktu, metode pembelajaran, dan materi ajar
D. Kurikulum, metode pembelajaran, dan evaluasi

34. “Hebat Nak, tingkatkan prestasimu!”. Penguatan positif ini guru sampaikan terhadap siswa yang berprestasi. Tindakan guru tersebut sesuai dengan teori belajar yang dikemukakan oleh ….
A. Bandura
B. Pavlov
C. Skinner
D. Thorndike

35. Pembelajaran yang bermakna mendorong siswa untuk lebih ....
A. memahami
B. mandiri
C. menghargai
D. terampil

36. Peristiwa atau proses mengaitkan objek baru dengan konsep yang telah ada melalui identifikasi perbedaan disebut ....
A. asimilasi
B. interaksi
C. ekuilibrasi
D. akomodasi
37. Urutan langkah-langkah pembelajaran yang dimulai dari penggunaan objek langsung, diikuti dengan barang tiruan atau gambar, dan diakhiri dengan penggunaan simbol, merupakan pandangan dari teori ....
A. Piaget
B. Bruner
C. Ausubel
D. Van Hille

38. Seorang guru melaksanakan pembelajaran pada materi persamaan dan pertaksamaan linear satu variabel pada kelas VII semester 2. Berdasar kegiatan berikut:
(i) Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar
(ii) Menyusun bentuk aljabar
(iii) Melakukan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
(iv) Mengidentifikasi bentuk persamaan linear satu variabel
(v) Menyelesaikan persamaan linear satu variabel dengan menerapkan ketentuan bentuk setara(ekuivalen)
(vi) Menyelesaikan pertaksamaan linear satu variabel

Urutan kegiatan pembelajaran yang tepat adalah ….
 A. (ii), (i), (iv), (iii), (vi), dan (v)
 B. (i), (iii), (ii), (iv), (vi), dan (v)
 C. (i), (ii), (iii), (iv), (v), dan (vi)
 D. (ii), (iv), (i), (iii), (v), dan (vi)

39. Cara mengembangkan pokok bahasan melalui penguraian bahan secara heirarkhis sehingga setiap bagian dapat dipelajari secara terpisah dari satu kesatuan yang besar, merupakan salah satu prinsip dalam teori belajar Ausubel yang disebut ... .
 A. Diferensiasi progresif
 B. Pengaturan awal
 C. Penyesuaian integratif
 D. Belajar superordinat

40. Berikut adalah tahap-tahap belajar anak dalam belajar geometri menurut Van Hiele, kecuali ... .
 A. Tahap deduksi
 B. Tahap analisis
 C. Tahap pengenalan
 D. Tahap eliminasi

41. Suatu tahap dimana siswa meninjau kembali dan meringkas apa yang telah dipelajari dan guru membantu membuat sintesis dengan melengkapi survey secara global terhadap apa-apa yang telah dipelajari siswa disebut dengan tahap ....
 A. Informasi
 B. Integrasi
 C. Orientasi
 D. Eksplisitasi

42. Berikut ini yang tidak sesuai dengan belajar bermakna:
 A. Siswa menghapalkan materi yang sudah diperolehnya
 B. Materi yang dipelajari memiliki kebermaknaan logis dan gagasan-gagasan yang relevan harus terdapat dalam struktur kognitif siswa
 C. Siswa memasukkan materi ke dalam struktur kognitif
 D. Siswa mengembangkan materi yang diperolehnya sehingga belajarnya lebih dimengerti

43. Suatu tahap belajar geometri berdasarkan teori Van Hiele dimana siswa sudah mengenali bahwa persegi adalah jajargenjang dan belah ketupat adalah layang-layang disebut sebagai tahap...
 A. Deduksi
 B. Analisis
 C. Akurasi
 D. Pengurutan

44. Tiga unsur utama dalam pembelajaran geometri yang apabila ditata secara terpadu akan dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak yaitu ....
 A. Waktu, metode pembelajaran, dan alat peraga
 B. Waktu, metode pembelajaran, dan materi ajar
 C. Kurikulum, metode pembelajaran, dan evaluasi
 D. Metode pembelajaran, materi ajar, dan evaluasi

45. Urutan langkah-langkah pembelajaran yang dimulai dari penggunaan objek langsung, diikuti dengan barang tiruan atau gambar, dan diakhiri dengan penggunaan simbol, merupakan pandangan dari teori ....
 A. Piaget
 B. Van Hille
 C. Ausubel
 D. Bruner

46. Berikut ini yang merupakan penjabaran atau contoh dari dalil konektivitas atau pengaitan adalah ....
 A. Anak yang mempelajari konsep perkalian yang didasarkan pada prinsip penjumlahan berulang, akan lebih memahami konsep tersebut
 B. Terdapat hubungan yang erat antara satu konsep dengan konsep lainnyadalam matematika, bukan saja dari segi isi, namun juga dari segi rumus-rumus yang digunakan
 C. dalam penyajian konsep, notasi memegang peranan penting. Notasi yang digunakan dalam menyatakan sebuah konsep tertentu harus disesuaikan dengan tahap perkembangan mental anak
 D. Anak perlu diberi contoh yang memenuhi rumusan atau teorema yang diberikan. Selain itu mereka perlu juga diberi contoh-contoh yang tidak memenuhi rumusan, sifat atau teorema, sehingga diharapkan anak tidak mengalami salah pengertian terhadap konsep yang sedang dipelajari.

47. Berikut ini yang tidak termasuk pertumbuhan kognitif/pendewasaan intelektual seseorang menurut Bruner adalah...
 A. Bertambahnya ketidak-tergantungan respons dari sifat stimulus
 B. Kemampuan untuk bertindak di atas informasi yang diperoleh pada suatu kesempatan
 C. Seseorang yang cenderung mengubah respons dalam lingkungan stimulus yang berubah-ubah
 D. Peningkatan kemampuan seseorang untuk berkata pada dirinya sendiri atau pada orang lain, dengan pertolongan kata-kata dan simbol-simbol, apa yang telah dilakukan atau apa yang dilakukan

48. Diberikan A={x|x≥4} dan B={3,4,5,6}. A∩B adalah ... .
 A. {3}
 B. {3,4,5,6}
 C. {4,5,6}
 D. {3,4}

49. Dalam sebuah kelas yang terdiri dari 35 siswa, 21 siswa hobi menari, 19 hobi menyanyi, dan 7 siswa hobi keduanya. Banyak siswa yang tidak hobi keduanya adalah ... .
 A. 3
 B. 4
 C. 5
 D. 2

50. Jika P={a,b,c,d}, Q={b,c,d,e}, dan R={c,d,e,f}, maka P∩Q∩R adalah ... .
 A. {c,d,e}
 B. {c,d}
 C. {a,b,c,d,e,f}
 D. {c,d,e,f}

51. Diberikan {1,2,3,4,5,6,7,8,9,10}∩ {4,6,8,11} = {4,6,x}, maka x adalah ... .
 A. {4,6,8}
 B. {11}
 C. {4,6,8,11}
 D. {8}

52. Dari sekumpulan siswa, terdapat 17 siswa menyukai basket, 16 siswa menyukai sepakbola, 4 siswa menyukai keduanya, dan 3 siswa tidak menyukai keduanya. Banyak siswa dalam kelompok tersebut adalah...
 A. 32
 B. 34
 C. 31
 D. 33

53. Dalam sebuah kelas terdapat 17 orang siswa gemar matematika, 15 siswa gemar fisika, 8 siswa gemar keduanya. Banyak siswa dalam kelas adalah ... .
 A. 28
 B. 40
 C. 24
 D. 32

54. Jika C= {1,2}, maka n(C) adalah ...
 A. 2
 B. 4
 C. 3
 D. 1

55. Dalam seleksi penerimaan beasiswa, setiap siswa harus lulus tes matematika dan bahasa. Dari 160 peserta terdapat 93 orang dinyatakan lulus tes matematika dan 137 orang lulus tes bahasa, dan 5 peserta tidak lulus keduanya. Banyak siswa yang lulus sebagai penerima beasiswa ada ... .
 A. 55
 B. 65
 C. 75
 D. 85

56. Huruf-huruf dari kata "M A T E M A T I K A" dapat membentuk suatu himpunan dengan banyak anggota ... .
 A. 10
 B. 8
 C. 4
 D. 6

57. Sebuah agen penjualan majalah dan koran ingin memiliki pelanggan sebanyak 90 orang. Banyak pelanggan yang ada saat ini adalah sebagai berikut: 25 orang berlangganan majalah, 42 orang berlangganan koran, dan 5 orang berlangganan keduanya. Agar keinginannya tercapai, banyak pelanggan yang harus ditambahkan adalah ... .
 A. 43
 B. 38
 C. 28
 D. 33

58. Perhatikan premis-premis berikut:
Premis 1: Jika suku harga premium naik maka harga mobil turun.
Premis 2: Jika harga mobil turun maka penjualan mobil meningkat.
Konklusi yang sahih berdasarkan premis-premis di atas adalah … .
 A. jika harga premium naik maka penjualan mobil meningkat
 B. jika harga premium turun maka penjualan mobil tidak naik
 C. jika penjualan mobil meningkat maka harga premium naik
 D. jika harga mobil turun maka harga premium turun

59. Pernyataan −p∪q ekuivalen dengan ... .
A. p→−q
B. −p→q
C. p→q
D. −p∩−q

60. Jika p adalah 2+3=6 dan q adalah 7<5 maka pernyataan berikut yang benar adalah ....
A. p→q

B. p∪q
C. p↔q
D. p∩q

61. Jika diberikan pernyataan-pernyataan berikut:
p=”2+7÷3=3”,
q=”Himpunan penyelesaian dari x2 -2x-3=0 adalah {1,-3}”, dan
r= “25>52+6”
Maka, pernyataan majemuk berikut yang bernilai benar adalah ... .
 A. p∧r
 B. p→q
 C. r→q
 D. p∧q

62. Negasi dari pernyataan " Jika Ani rajin belajar maka Ani lulus ujian " adalah
Pilih salah satu jawaban
A. Ani rajin belajar dan Ani tidak lulus ujian
B. Ani tidak rajin belajar
C. Ani rajin belajar dan Ani lulus ujian
D. Ani lulus ujian

63. Dari pernyataan-pernyataan berikut, yang bernilai benar adalah:
A. negasi dari "4<3 atau 3>2" adalah "3>4 dan 2<3"
B. invers dari "2+3=4+1" dan "2 adalah akar dari x+1=3" adalah 2+3≠4+1" dan " 2 bukan akar dari x+1=3"
C. Konvers dari "2<3 atau 3>2" adalah "3>2 atau 2<3"
D. Kontraposisi dari "2=3-1 →4>5" adalah "4≤5→2≠3-1"

64. Perhatikan premis-premis berikut:
Premis 1 : Jika hari ini hujan, maka Budi tinggal di rumah.
Premis 2 : Jika Budi tinggal di rumah, maka Budi belajar.
Penarikan kesimpulan yang sahih berdasar premis di atas adalah … .
A. Budi tinggal di rumah dan Budi belajar
B. Jika Budi tidak belajar, maka hari ini hujan
C. Jika hari ini hujan, maka Budi tinggal di rumah
D. Jika hari ini hujan, maka Budi belajar

65. Konvers dari pernyataan p→q adalah ... .
Pilih salah satu jawaban
A. −p→−q
B. p→−q
C. q→p
D. −q→−p

66. Invers dari implikasi "Jika hari hujan maka jalanan licin" adalah ... .
A. Jika jalanan tidak licin maka hari tidak hujan
B. Jika hari tidak hujan maka jalanan tidak licin  

C. Jika jalanan becek maka hari hujan
D. Hari hujan dan jalanan tidak licin

67. Diketahui premis:
p: 2+3=7
q: 9-4=5
pernyataan di bawah ini yang bernilai salah adalah ... .
A. −p∪q
B. p→q
C. p∪q
D. q→p

68. Dari 42 siswa kelas VII-A SMP Sejahtera, terdapat 24 siswa mengikuti Pramuka, 17 siswa mengikuti PMR, dan 8 siswa tidak mengikuti kedua kegiatan tersebut. Jumlah siswa yang mengikuti kedua kegiatan tersebut adalah ... .
A. 7 siswa
B. 8 siswa
C. 10 siswa
D. 17 siswa

69. Diketahui:
A = {x bilangan ganjil yang kurang dari 10}
B = {bilangan prima yang kurang dari 10}
C = {faktor dari 10}

Maka A∩B∩C&cap = ... .
A. {1, 3, 5, 9}
B. {2, 3, 5, 7}
C. {1, 2, 5}
D. {5}






Keyword:
Prediksi Soal dan Kunci Jawaban Tes Akhir Guru Pembelajar Online GPO Modul B Mapel Matematika KK-B SMP
Prediksi Soal dan Kunci Jawaban UKG Guru Pembelajar Online GPO Modul B Mapel Matematika KK-B SMP
Prediksi Soal Post Tes dan Kunci Jawaban UKG Guru Pembelajar Online GPO Modul B Mapel Matematika KK-B SMP


0 komentar: