Selasa, 06 Desember 2016

Soal dan Pembahasan Materi Persamaan Kuadrat dan Fungsi Kuadrat

1. Seorang pengrajin bingkai foto menerima pesanan bingkai untuk sebuah foto berukuran 11×6 cm. Luas bagian depan bingkai untuk diwarnai adalah 28 cm2. Jika x menyatakan lebar bingkai (seperti pada gambar), tentukan nilai x!
     Penyelesaian:




2.   Melani dan Unyil bekerja bersama dapat menyelesaikan suatu pekerjaan selama 10 hari. Jika bekerja sendiri-sendiri, Unyil dapat mengerjakan lebih cepat 15 hari dari Melani. Berapa hari waktu yang diperlukan oleh masing-masing bila pekerjaan dikerjakan sendiri- sendiri ?

Penyelesaian:

Misal:
Waktu yang diperlukan Melani = x,  maka
waktu yang diperlukan Unyil    = -15
1/(x) + 1/(x-15)= 1/10    .............. di kali 10(x)(x-15)
10(
x-15) + 10(x) = (x)(x-15)
10
x-150 + 10x = x2-15x
x2 - 35 x + 150 = 0
(x - 30)(x - 5) = 0
x = 30 atau x = 5
x = 5 tidak mungkin.
Jadi waktu yang diperlukan Melani = 30 hari dan waktu yang diperlukan Unyil = 15 hari.

3. Kertas karton berbentuk persegi panjang berukuran 30 cm × 50 cm dipotong pada
    ujung-ujungnya seperti pada gambar. Setelah dipotong, kertas dilipat sehingga 
    membentuk sebuah kotak tanpa tutup dengan luas alas 989 cm
2
.  Tentukan dimensi
    kotak hasil lipatan !

Penyelesaian:
(30-2x)(50-2x) = 989
1500 - 60- 100+ 4x= 989
4x2 - 160+ 511 = 0
x1,2 = (160 ± 132)/8
x1 = 36,5 ..... (tidak memenuhi)
x2 = 3,5

panjang = 50-2x
              = 50-2(3,5)
              = 50-7
              = 43 cm

lebar      = 30-2x
              = 30-2(3,5)
              = 30-7
              = 23 cm

Jadi demensi hasil lipatan adalah 43 cm x 23 cm x 3,5 cm

4. Perusahaan PT. PitGowes memproduksi dan menjual sepeda untuk memperoleh keuntungan.
Biaya produksi sepeda:
Rp1.100.000,- untuk setiap sepeda
Rp7.000.000,- untuk biaya operasional pabrik, marketing, dan lain-lain.
Dengan melihat permintaan pasar, penjualan sepeda mengikuti fungsi berikut:
unit terjual =70.000.00020x
dengan x menyatakan harga.
Dengan kata lain, jika perusahaan memasang harga Rp 0, maka akan digratiskan 70 juta unit sepeda. Jika memasang harga Rp3.500.000, maka tidak akan terjual satu pun sepeda. Jika memasang harga, misal Rp3.000.000, maka akan terjual 10 juta unit sepeda.
Tentukan berapa harga sepeda yang harus ditetapkan PT. PitGowes agar memperoleh keuntungan maksimal. Tentukan keuntungan tersebut !

Penyelesaian: 
x menyatakan harga sepeda
Unit terjual (fungsi dalam x) =70.000.000−20x
Penjualan (dalam rupiah) = harga × unit terjual = x(70.000.000−20x)=70.000.000x−20x2
Biaya produksi = 7.000.000+ 1.100.000 × unit terjual
                        =7.000.000+1.100.000×(70.000.000−20x)
                        =7.000.000+77.000.000.000.000−22.000.000x
                        =77.000.007.000.000−22.000.000x
Keuntungan = Penjualan - Biaya = 70.000.000x−20x2−(77.000.007.000.000−22.000.000x)
           = −20x2+92000000x – 77.000.007.000.000
Persamaan kuadrat
          −20x2 + 92.000.000x – 77.000.007.000.000=0
mencapai keuntungan maksimal jika harga sepeda:
          x = −b/2a
             = −92.000.000/(−40)
             = 2.300.000
Dengan keuntungan maksimal:
−20(2.300.0002)+92.000.000(2.300.000)−77.000.007.000.000=98.799.993.000.000


5. Sebutkan tips menyusun permasalahan kontekstual yang berkaitan  dengan persamaan kuadrat:
Jawab:
Tips menyusun permasalahan kontekstual yang berkaitan  dengan persamaan kuadrat:
·         Pahami kalimat/cerita dengan sebaik-baiknya. Kalau belum paham sebaiknya dibaca secara berulang sampai benar-benar paham mengenai permasalahannya.
·         Jika diperlukan, buatlah sketsa sederhana untuk menggambarkan permasalahan tersebut.
·         Buatlah pemisalan mengenai variabel-variabel yang ada.
·         Tulislah beberapa hal yang telah diketahui dalam permasalahan tersebut.
·         Tulislah apa yang ditanyakan dalam permasalahan tersebut.
·         Susunlah model matematika yang berbentuk persamaan kuadrat dari permasalahan yang diberikan.
·         Tentukan akar dari persamaan kuadrat yang terbentuk.
·         Selesaikan dan jawablah permasalahan yang diberikan.
·         Telitilah kembali mulai dari awal sampai akhir, baik perhitungannya maupun tulisannya.

6. Menurut Anda, materi mana yang sebaiknya lebih dahulu disampaikan pada siswa: persamaan kuadrat atau fungsi kuadrat?
Jawab:
Menurut saya, materi yang sebaiknya disampaikan lebih dahulu pada siswa adalah persamaan kuadrat dahulu, kemudian baru fungsi kuadrat.
Dengan mempelajari persamaan kuadrat terlebih dahulu siswa akan mempelajari dari hal yang lebih sederhana dahulu kemudian mempelajari hal yang lebih kompleks, dengan harapan akan lebih mudah dipahami oleh siswa.




0 komentar: