Kamis, 08 Desember 2016

Soal Tes Sumatif Sesi 1. Kurikulum Matematika

1. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa terampil dalam menentukan banyak keramik yang diperlukan untuk melapisi bak air berbentuk balok adalah …

 A. volum kubus
 B. luas permukaan kubus
 C. volum balok
 D. luas permukaan balok

2. Berikut ini adalah sebagian dari inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP/MTs:
(1) Memahami konsep matematika;
(2) Mengembangkan penalaran;
(3) Menyelesaikan masalah matematika;
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran;
(5) Melakukan kegiatan–kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika;
(6) Menggunakan alat peraga sederhana maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan matematika.
Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa belajar "Mendeskripsikan dan manyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)" adalah ....

 A. (1), (4)
 B. (1), (5)
 C. (3), (5)
 D. (3), (6)

3. Berikut ini adalah sebagian dari inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP/MTs:
(1)Memahami konsep matematika;
(2)Mengembangkan penalaran;
(3)Menyelesaikan masalah matematika;
(4)Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran;
(5)Melakukan kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika;
(6)Menggunakan alat peraga sederhana maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan matematika.
Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa Kelas IX belajar "Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan" adalah ....

 A. (1), (2), (3)
 B. (1), (3), (5)
 C. (2), (3), (4)
 D. (2), (4), (6)

4. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa terampil dalam melakukan perhitungan perkalian berulang untuk menentukan hasil perpangkatan adalah ....

 A. bilangan berpangkat bulat positif
 B. bilangan berpangkat rasional
 C. bilangan berpangkat irasional
 D. bilangan berpangkat bulat negative

5. Ibu Ani menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD) pada KD: "Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan"
(1) menemukan Teorema Pythagoras.
(2) menuliskan Teorema Pythagoras pada berbagai gambar segitiga.
(3) menemukan rumus untuk menentukan bilangan tripel Pythagoras.
(4) mengidentifikasi bilangan tripel Pythagoras.

IPKD yang tepat adalah ....

 A. (2) dan (4)
 B. (1) dan (3)
 C. (1) dan (2)
 D. (3) dan (4)

6. Berikut ini adalah inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP/MTs:
(1) Memahami konsep matematika;
(2) Mengembangkan penalaran;
(3) Menyelesaikan masalah matematika;
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran;
(5) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan;
(6) Memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dalam matematika dan pembelajarannya;
(7) Melakukan kegiatan–kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika;
(8) Menggunakan alat peraga sederhana maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan matematika.
Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa belajar "Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik" adalah ….

 A. (1), (2), (4)
 B. (1), (3), (5)
 C. (2), (4), (8)
 D. (2), (5), (7)

7. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun oleh seorang guru pada KD: " Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar":
(1) menyebutkan ciri-ciri dua bangun yang kongruen dan sebangun sebangun;
(2) mengidentifikasi dua bangun yang kongruen dan sebangun;
(3) menentukan kekongruenan antar bangun;
(4) menentukan kesebangunan antar bangun;
(5) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kekongruenan antar bangun.

IPK yang tepat adalah …

 A. (1) dan (2)
 B. (3) dan (4)
 C. (4) dan (5)
 D. (5) dan (6)

8. Pengetahuan yang dipelajari siswa pada saat belajar tentang "cara-cara menentukan hasil dari operasi perkalian" adalah pengetahuan … .

 A. Prosedural
 B. Faktual
 C. Konseptual
 D. Metakognitif

9. Pengalaman belajar yang sesuai untuk mendukung siswa mencapai tujuan pembelajaran "Melalui diskusi siswa dapat menerapkan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, atau persamaan" adalah … .

 A. secara berkelompok siswa menyelesaikan permasalahan suatu perusahaan untuk menentukan penambahan jumlah karyawan disebabkan permintaan waktu penyelesaian pesanan dari konsumen dimajukan
 B. secara berkelompok siswa ditugaskan untuk membuat tabel atau grafik kebutuhan bahan pokok suatu perusahaan untuk persediaan selama 3 bulan
 C. secara berkelompok siswa ditugaskan untuk menentukan konsep perbandingan yang sesuai untuk penyajian data dalam bentuk tabel atau grafik
 D. secara berkelompok siswa ditugaskan untuk menyelesaikan masalah persamaan dengan menggunakan konsep perbandingan

10. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun oleh seorang guru pada KD: "Menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas daerah lingkaran yang dihubungkan dengan masalah kontekstual".
(1) Menjelaskan makna rumus keliling lingkaran yang ditemukan/diturunkan;
(2) Menjelaskan makna nilai phi (π) yang ditemukan/diturunkan;
(3) Menentukan keliling dan luas daerah lingkaran yang dikaitkan dengan masalah kontekstual;
(4) Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran.

IPK yang tepat adalah ....

 A. (1) dan (2)
 B. (2) dan (3)
 C. (3) dan (4)
 D. (4) dan (1)

0 komentar: