Lampiran: PERMENDIKNAS no. 22 tahun 2006
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA UNTUK SMP / MTS
A. Latar Belakang
Matematika merupakan ilmu
universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting
dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang
teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan
matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan
matematika diskrit. Untuk menguasai dan
mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat
sejak dini.
Mata pelajaran Matematika perlu
diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali
peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis,
dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar
peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan
informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti,
dan kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar matematika dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk
mengembangkan kemampuan tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk
mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan
mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram,
dan media lain.
Pendekatan pemecahan masalah
merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup
dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah
dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan
masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model
matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan,
pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai
dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan masalah
kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep
matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan
menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga,
atau media lainnya.
B. Tujuan
Mata pelajaran matematika
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep
matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau
algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2. Menggunakan penalaran
pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
3. Memecahkan masalah yang
meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan
model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4. Mengomunikasikan gagasan
dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau
masalah
5. Memiliki sikap menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian,
dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam
pemecahan masalah.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Matematika pada satuan
pendidikan SMP/MTs meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Bilangan
2. Aljabar
3. Geometri dan Pengukuran
4. Statistika dan Peluang.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Komptensi Dasar
|
Bilangan
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan
dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan
pecahan
1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah
|
Aljabar
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan
unsur-unsurnya
2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
2.3 Menyelesaikan persamaan linear satu
variabel
2.4 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu
variabel
|
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
|
3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
3.2 Menyelesaikan model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel
3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan
masalah aritmetika sosial yang sederhana
3.4 Menggunakan perbandingan untuk pemecahan
masalah
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Aljabar
4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn
dalam pemecahan masalah
|
4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan,
serta penyajiannya
4.2 Memahami konsep himpunan bagian
4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang
(difference), dan komplemen pada himpunan
4.4 Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
4.5 Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan
masalah
|
Geometri
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis
dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
|
5.1 Menentukan
hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk
jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis
lain
5.3
Melukis
sudut
5.4
Membagi sudut
|
6. Memahami
konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
|
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga
berdasarkan sisi dan sudutnya
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat
persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan
layang-layang
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun
segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi,
garis berat dan garis sumbu
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Aljabar
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan
persamaan garis lurus
|
1.1 Melakukan
operasi aljabar
1.2 Menguraikan
bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
1.3 Memahami relasi
dan fungsi
1.4 Menentukan
nilai fungsi
1.5 Membuat
sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
1.6 Menentukan
gradien, persamaan dan grafik garis lurus
|
2. Memahami sistem persa-maan linear dua
variabel dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah
|
2.1 Menyelesaikan
sistem persamaan linear dua variabel
2.2 Membuat
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
dua variabel
2.3
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
|
Geometri
dan Pengukuran
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam
pemecahan masalah
|
3.1 Menggunakan Teorema
Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku
3.2 Memecahkan
masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Geometri
dan Pengukuran
4.
Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
|
4.1 Menentukan
unsur dan bagian-bagian lingkaran
4.2 Menghitung
keliling dan luas lingkaran
4.3 Menggunakan
hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
4.4 Menghitung
panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
4.5 Melukis
lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga
|
5. Memahami
sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta
menentukan ukurannya
|
5.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya
5.2 Membuat
jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas
5.3 Menghitung
luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas
|
Kelas IX, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Geometri
dan Pengukuran
1. Memahami
kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengidentifikasi
bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
1.2 Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
1.3
Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
|
2. Memahami
sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
|
2.1
Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
2.2
Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
2.3 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
|
Statistika
dan Peluang
3. Melakukan pengolahan
dan penyajian data
|
3.1 Menentukan
rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
3.2 Menyajikan
data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran
|
4. Memahami
peluang kejadian sederhana
|
4.1
Menentukan ruang sampel suatu percobaan
4.2
Menentukan peluang suatu kejadian
sederhana
|
Kelas IX, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
||
Bilangan
5. Memahami sifat-sifat
bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah sederhana
|
5.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
5.2 Melakukan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
5.3 Memecahkan
masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
||
6. Memahami
barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menentukan
pola barisan bilangan sederhana
6.2 Menentukan
suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri
6.3 Menentukan
jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri
6.4 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
|
||
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah
dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
0 komentar:
Posting Komentar