Sabtu, 17 Desember 2016

Prediksi Soal dan Jawaban Tes Akhir Guru Pembelajar Online Modul E Mapel Matematika SMP

Sebagai persiapan dalam menghadapi Test Akhir GPO modul E Mapel Matematika, kami mencoba menyusun Prediksi Soal dan Jawaban GPO KK-E yang berisi tentang Kurikulum Matematika dan Aljabar. Banyaknya rekan-rekan Guru Pembelajar yang menginginkan Kisi-Kisi Soal Tes Akhir khusus Modul E Mapel Matematika SMP, akan tetapi kisi-kisi tersebut ternyata tidak diberikan. Oleh karena kami mencoba menyusun Soal dan kunci jawaban sesuai dengan modul E yang telah diberikan. Semoga dapat membantu teman-teman Guru Pembelajar yang akan mempelajarinya sehingga dapat lulus dengan kategori memuaskan. Adapun soal-soalnya sebagai berikut:

1. Berikut ini adalah sebagian dari inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP:
(1) Memahami konsep matematika
(2) Mengembangkan penalaran
(3) Menyelesaikan masalah matematika
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran
(5) Melakukan kegiatan–kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika
(6) Menggunakan alat peraga sederhana maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan matematika

Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa belajar “menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat” adalah ....
A. (1), (3)
B. (2), (6)
C. (3), (4)
D. (5), (6)

2. Berikut ini adalah sebagian dari inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP:
(1) Memahami konsep matematika
(2) Mengembangkan penalaran
(3) Menyelesaikan masalah matematika
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran
(5) Melakukan kegiatan–kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika
(6) Menggunakan alat peraga sederhana maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan matematika

Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa belajar “menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus” adalah ....
A. (1), (3)
B. (1), (4)
C. (2), (3)
D. (2), (5)

3. Berikut ini adalah sebagian dari inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP:
(1) Memahami konsep matematika
(2) Mengembangkan penalaran
(3) Menyelesaikan masalah matematika
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran
(5) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan
(6) Memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dalam matematika dan pembelajarannya
(7) Melakukan kegiatan–kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika
(8) Menggunakan alat peraga sederhana maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan matematika

Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa belajar “Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran” adalah ….
A. (1), (2), (4)
B. (1), (3), (5)
C. (2), (4), (8)
D. (3), (5), (7)

4. Berikut ini adalah sebagian dari inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP:
(1) Memahami konsep matematika
(2) Mengembangkan penalaran
(3) Menyelesaikan masalah matematika
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran
(5) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan
(6) Memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dalam matematika dan pembelajarannya
(7) Melakukan kegiatan–kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika
(8) Menggunakan alat peraga sederhana maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan matematika

Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa belajar “Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual”
A. (1), (2), (4)
B. (1), (3), (5)
C. (2), (4), (8)
D. (3), (5), (7)

5. Perhatikan kelompok IPK pada KD berikut:
KD: 3.5 Menjelaskan dan melakukan operasi bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) (Kelas VII).

IPK:
(1) Menentukan operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar
(2) Menentukan operasi kali, bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar
(3) Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan suku suku
(4) Menyebutkan faktor dari suatu bentuk aljabar
(5) Menentukan hasil perkalian suku dua
(6) Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bentuk pecahan aljabar
(7) Menentukan hasil perkalian suku satu dengan suku dua
(8) Menyelesaikan operasi perkalian, pembagian dan pangkat bentuk aljabar

IPK pada KD tersebut yang memenuhi syarat atau sesuai dengan kaidah penyusunan adalah ... .
A. (1), (2), (4)
B. (1), (3), (5)
C. (2), (6), (8)
D. (4), (5), (7)

6. Perhatikan kelompok IPK pada KD berikut:
KD: 3.6 Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual (Kelas VIII).

IPK:
(1) Mengidentifikasi SPLDV yang sesuai dengan masalah kontekstual tertentu
(2) Mengidentifikasi masalah kontekstual yang sesuai dengan SPLDV tertentu
(3) Menjelaskan karakteristik penyelesaian suatu SPLDV
(4) Menentukan penyelesaian SPLDV
(5) Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan SPLDV

IPK pada KD tersebut yang tidak memenuhi syarat atau sesuai dengan kaidah penyusunan adalah ... .

A. (1), (2), (3)
B. (2), (3), (4)
C. (1), (2), (4)
D. (3), (4), (5)

7. Perhatikan kelompok IPK pada KD berikut:

KD : 3.7 Menurunkan rumus untuk menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) (Kelas IX).
IPK:
(1) Menyebutkan unsur-unsur tabung, ( jari-jari, diameter, tinggi, sisi alas, selimut dan sisi atas tabung)
(2) Menyebutkan unsur-unsur kerucut ( jari-jari, diameter, garis pelukis, selimut, sisi alas dan tinggi kerucut )
(3) Menyebutkan unsur-unsur bola (jari-jari, diameter)
(4) Menjelaskan rumus luas permukaan tabung
(5) Menjelaskan rumus luas permukaan kerucut
(6) Menjelaskan rumus luas permukaan bola.
(7) Menghitung luas permukaan tabung
(8) Menghitung luas permukaaan kerucut
(9) Menghitung luas permukaan bola
(10) Menjelaskan rumus volum tabung
(11) Menjelaskan rumus volum kerucut
(12) Menjelaskan rumus volum bola.
(13) Menghitung volum tabung
(14) Menghitung volum kerucut
(15) Menghitung volum bola
(16) Menghitung unsur-unsur tabung jika volumnya diketahui
(17) Menghitung unsur-unsur kerucut jika volumnya diketahui
(18) Menghitung unsur-unsur bola jika volumenya diketahui

Dari kelompok IPK pada KD tersebut dapat diketahui bahwa:
A. Terdapat istilah yang tidak konsisten, satu IPK memuat lebih dari satu kata kerja operasional dan ada tuntutan kemampuan yang seharusnya diwadahi dalam IPK pengayaan
B. Kelompok IPKtersebut adalah KD ranah pengetahuan, akan tetapi terdapat IPK yang seharusnya dimuat pada KD ranah keterampilan.
C. Terdapat urutan IPK yang loncat-loncat, seyogyanya disesuaikan dengan tahapan proses pembelajarannya.
D. Kelompok IPKtersebut adalah KD ranah keterampilan, akan tetapi terdapat IPK yang seharusnya dimuat pada KD ranah pengetahuan.


8. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun oleh seorang guru pada KD: “Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel” sebagai berikut.
(1) Menuliskan cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel
(2) Menyelesaikan persamaan linear satu variabel
(3) Menentukan penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel
(4) Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel

IPK yang tepat adalah ... .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

9. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun oleh seorang guru pada KD: “Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel”.
(1) Mengidentifikasi data yang tersedia pada masalah yang berkaitan dengan SPLDV
(2) Memilih strategi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan SPLDV
(3) Melaksanakan strategi menyelesaikan masalah yang telah dipilih untuk menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan SPLDV
(4) Mengevaluasi keefektivan proses menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan SPLDV yang telah dilakukan

IPK yang tepat adalah ... .
A. (1)
B. (1), (2)
C. (1), (2), (3)
D. (1), (2), (3), (4)

10. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun oleh seorang guru pada KD: "Menjelaskan bentuk aljabar dan unsur-unsurnya menggunakan masalah kontekstual" (Kelas VII).
IPK:
(1) Membedakan bentuk aljabar dan bukan bentuk aljabar
(2) Menyebutkan variabel, koefisien dan konstanta dari suatu bentuk aljabar
(3) Membedakan suku sejenis dan bukan suku sejenis
(4) Menyebutkan suku-suku sejenis dari suatu bentuk aljabar

IPK yang tepat adalah ... .
A. (1), (3), (4)
B. (1), (2), (3)
C. (2), (3), (4)
D. (1), (2), (3), (4)

11. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun oleh seorang guru pada KD: “ Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar”:
(1) menyebutkan ciri-ciri dua bangun yang kongruen dan sebangun sebangun
(2) mengidentifikasi dua bangun yang kongruen dan sebangun
(3) menentukan kekongruenan antar bangun
(4) menentukan kesebangunan antar bangun
(5) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kekongruenan antar bangun
(6) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan antar bangun

IPK yang tepat adalah … .
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)

12. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun oleh seorang guru pada KD: “Menjelaskan bentuk aljabar dan unsur-unsurnya menggunakan masalah kontekstual”. (KD ranah pengetahuan di Kelas VII).

IPK:
1. Menjelaskan pengertian bentuk Aljabar
2. Menjelaskan pengertian dari variabel, konstanta, koefisien, suku dengan menggunakan masalah kontekstual
3. Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk Aljabar
4. Mengubah pernyataan kontekstual ke dalam bentuk Aljabar
5. Memberi contoh pernyataan kontekstual yang relevan dengan suatu bentuk Aljabar

IPK yang tepat adalah ... .
A. (1), (3), (4), (5)
B. (1), (2), (3), (5)
C. (1), (2), (4), (5)
D. (1), (2), (3), (4), (5)

13. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa dapat memberi contoh kaitan antara variabel aljabar dengan kehidupan nyata atau sehari-hari adalah … .
A. pengertian bentuk aljabar
B. makna unsur-unsur bentuk aljabar
C. operasi bentuk aljabar
D. macam-macam unsur bentuk aljabar


14. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa terampil dalam menentukan ukuran kertas minimal yang diperlukan ketika mencetak foto berukuran 2x3 dan 4x6 yang masing-masing banyaknya 10 lembar adalah … .
A. kesebanguan antar bangun
B. kekongruenan antar bangun
C. luas persegi panjang
D. perbandingan berbalik nilai


15. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa terampil dalam melakukan perhitungan perkalian berulang untuk menentukan hasil perpangkatan adalah ... .
A. bilangan berpangkat bulat positif
B. bilangan berpangkat rasional
C. bilangan berpangkat irasional
D. bilangan berpangkat bulat negatif

16. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa terampil melakukan teknik eliminasi dan substitusi dalam menentukan penyelesaian persamaan adalah ... .
A. Persamaan Linear Satu Variabel
B. Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
C. Persamaan Kuadrat
D. Persamaan Linear Dua Variabel

17. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa mempunyai keterampilan dalam menentukan hasil rotasi suatu objek untuk menyelesaikan masalah penentuan posisi dan ukuran benda-benda hasil perubahan adalah ... .
A. Persamaan linear
B. Himpunan
C. Transformasi
D. Barisan bilangan

18. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa memahami dan terampil dalam menyajikan data tentang perkembangan penduduk di suatu wilayah kabupaten dari tahun ke tahun adalah ... .
A. Diagram garis
B. Perkembangan penduduk
C. Diagram frekuensi
D. Pengolahan data

19. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa memahami dan terampil dalam menentukan banyaknya pekerja yang harus ditambahkan agar suatu pekerjaan lebih cepat selesainya dari waktu yang telah direncanakan semula adalah ... .
A. Waktu dan kecepatan
B. Perbandingan berbalik nilai
C. Kelipatan dan Faktor
D. Operasi matematika

20. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa memahami dan terampil dalam memperkirakan tinggi suatu gedung adalah ... .
A. Perbandingan
B. Kesebangunan
C. Segitiga istimewa dan perbandingan
D. Penerapan teoema Pythagoras

21. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa memahami dan terampil dalam menyimpulkan hasil survey tentang kondisi keluarga pada suatu wilayah yang ditinjau dari banyak anggota keluarganya dan jenis pekerjaan masing-masing adalah ... .
A. Statistika
B. Perbandingan
C. Penyajian data
D. Pemecahan masalah yang berkaitan dengan himpunan

22. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa memahami dan terampil dalam menentukan banyak keramik yang diperlukan untuk melapisi bak air yang terbuat dari batu bata dan semen adalah ... .
A. Volume bangun ruang sisi datar
B. Luas bangun ruang sisi datar
C. Penerapan operasi hitung sederhana
D. Volume bangun ruang sisi datar dan luas bangun datar

23. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun oleh seorang guru pada KD: “Menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas daerah lingkaran yang dihubungkan dengan masalah kontekstual”.
(1) Menjelaskan makna rumus keliling lingkaran yang ditemukan/diturunkan
(2) Menjelaskan makna nilai phi (p) yang ditemukan/diturunkan
(3) Menentukan keliling dan luas daerah lingkaran yang dikaitkan dengan masalah kontekstual
(4) Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran

IPK yang tepat adalah ... .
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (1)

24. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang dirumuskan oleh seorang guru pada KD: “ Memeriksa kebenaran teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras”.
(1) memahami Teorema Pythagoras
(2) menuliskan Teorema Pythagoras pada bebagai gambar segitiga
(3) mengidentifikasi bilangan tripel Pythagoras
(4) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras

IPK yang tepat adalah ... .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

25. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa dapat terampil menghitung berapa kali harus memperbesar suatu bentuk benda agar diperoleh ukuran yang diinginkan adalah … .
A. Refleksi
B. Dilatasi
C. Translasi
D. Rotasi

26. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa terampil dalam menentukan posisi suatu tempat terhadap tempat tertentu adalah … .
A. posisi garis terhadap sumbu-x dan sumbu-y
B. posisi garis terhadap garis lain
C. posisi titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y
D. posisi titik terhadap titik asal dan titik tertentu

27. Berikut ini adalah sebagian dari inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP:
(1) Memahami konsep matematika
(2) Mengembangkan penalaran
(3) Menyelesaikan masalah matematika
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran
(5) Melakukan kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika
(6) Menggunakan alat peraga sederhana maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan matematika

Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa Kelas IX belajar “Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan” adalah ... .
A. (1), (2), (3)
B. (1), (3), (5)
C. (2), (3), (4)
D. (2), (4), (6)

28. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa mempunyai keterampilan dalam menentukan hasil rotasi suatu objek untuk menyelesaikan masalah penentuan posisi dan ukuran benda-benda hasil perubahan adalah ....
 A. Persamaan linear
 B. Himpunan
 C. Transformasi
 D. Barisan bilangan

29. Berikut ini adalah sebagian dari inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP/MTs:
(1) Memahami konsep matematika;
(2) Mengembangkan penalaran;
(3) Menyelesaikan masalah matematika;
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran;
(5) Melakukan kegiatan–kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika ;
(6) Menggunakan alat peraga sederhana maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan matematika.

Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa belajar "Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat" adalah ....
 A. (1), (3)
 B. (1), (4)
 C. (2), (3)
 D. (2), (5)

30. Pengetahuan yang dipelajari siswa pada saat belajar tentang perbedaan makna dari "a x b" dan "b x a" adalah pengetahuan ....
 A. Konseptual
 B. Faktual
 C. Prosedural
 D. Metakognitif

31. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun oleh seorang guru pada KD: "Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel" sebagai berikut.
(1) menuliskan cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel;
(2) menyelesaikan persamaan linear satu variabel;
(3) menentukan penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel;
(4) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel.

IPK yang tepat adalah ....
 A. (1) dan (2)
 B. (1) dan (3)
 C. (2) dan (3)
 D. (2) dan (4)

32. Pengalaman belajar yang sesuai untuk mendukung siswa mencapai tujuan pembelajaran "Dengan diskusi siswa dapat menggunakan Theorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah" adalah … .
 A. secara berkelompok siswa ditugaskan untuk menyelesaikan permasalahan tentang memastikan kesikuan sudut pondasi rumah tanpa alat pengukur sudut
 B. secara berkelompok siswa diberikan penjelaskan tentang penemuan Theorema Phytagoras melalui model benda nyata
 C. secara berkelompok siswa ditugaskan untuk melakukan penyelidikan pola bilangan dengan menggunakan Theorema Pythagoras
 D. secara berkelompok siswa diberikan permasalahan menghitung luas lapangan bola dengan menggunakan Theorema Pythagoras

33. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun oleh seorang guru pada KD: "Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual":
(1) menentukan banyaknya solusi dari suatu SPLDV;
(2) menentukan penyelesaian SPLDV dengan cara eliminasi;
(3) menentukan penyelesaian SPLDV;
(4) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan SPLDV.

IPK yang tepat adalah … .
 A. (1)
 B. (2)
 C. (3)
 D. (4)

34. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa terampil dalam menentukan perbandingan luas kertas yang diperlukan ketika mencetak foto berukuran 2x3 dan 4x6 dan masing-masing sebanyak 10 lembar adalah…

 A. kesebanguan antar bangun
 B. kekongruenan antar bangun
 C. luas persegi panjang
 D. perbandingan senilai

35. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun oleh seorang guru pada KD: "Menjelaskan dan melakukan operasi bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian)":
(1) Menentukan hasil perkalian suku dua;
(2) Menentukan operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar;
(3) Menyebutkan faktor dari suatu bentuk aljabar;
(4) Menentukan hasil pembagian pada bentuk aljabar.

IPK yang tidak tepat adalah … .
 A. (1)
 B. (2)
 C. (3)
 D. (4)

36. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa terampil dalam menyajikan data tentang perkembangan penduduk di suatu wilayah kabupaten dari tahun ke tahun adalah penyajian data dalam bentuk….
 A. tabel
 B. diagram garis
 C. diagram batang
 D. diagram lingkaran

37. Pak Rafi menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD) pada KD: "Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel" sebagai berikut.
(1) menemukan cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
(2) menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
(3) menemukan cara menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.
(4) menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.

IPKD yang tepat adalah ... .
 A. (2) dan (4)
 B. (1) dan (3)
 C. (1) dan (2)
 D. (3) dan (4)

38. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa terampil dalam menentukan banyak keramik yang diperlukan untuk melapisi bak air berbentuk balok adalah …
 A. volum kubus
 B. luas permukaan kubus
 C. volum balok
 D. luas permukaan balok

39. Berikut ini adalah sebagian dari inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP/MTs:
(1) Memahami konsep matematika;
(2) Mengembangkan penalaran;
(3) Menyelesaikan masalah matematika;
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran;
(5) Melakukan kegiatan–kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika;
(6) Menggunakan alat peraga sederhana maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan matematika.

Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa belajar "Mendeskripsikan dan manyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)" adalah ....
 A. (1), (4)
 B. (1), (5)
 C. (3), (5)
 D. (3), (6)

40. Berikut ini adalah sebagian dari inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP/MTs:
(1)Memahami konsep matematika;
(2)Mengembangkan penalaran;
(3)Menyelesaikan masalah matematika;
(4)Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran;
(5)Melakukan kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika;
(6)Menggunakan alat peraga sederhana maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan matematika.

Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa Kelas IX belajar "Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan" adalah ....
 A. (1), (2), (3)
 B. (1), (3), (5)
 C. (2), (3), (4)
 D. (2), (4), (6)

41. Materi pembelajaran yang paling tepat dipilih agar siswa terampil dalam melakukan perhitungan perkalian berulang untuk menentukan hasil perpangkatan adalah ....
 A. bilangan berpangkat bulat positif
 B. bilangan berpangkat rasional
 C. bilangan berpangkat irasional
 D. bilangan berpangkat bulat negative

42. Ibu Ani menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD) pada KD: "Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan"
(1) menemukan Teorema Pythagoras.
(2) menuliskan Teorema Pythagoras pada berbagai gambar segitiga.
(3) menemukan rumus untuk menentukan bilangan tripel Pythagoras.
(4) mengidentifikasi bilangan tripel Pythagoras.

IPKD yang tepat adalah ....
 A. (2) dan (4)
 B. (1) dan (3)
 C. (1) dan (2)
 D. (3) dan (4)

43. Berikut ini adalah inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP/MTs:
(1) Memahami konsep matematika;
(2) Mengembangkan penalaran;
(3) Menyelesaikan masalah matematika;
(4) Mengkomunikasikan gagasan dan penalaran;
(5) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan;
(6) Memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dalam matematika dan pembelajarannya;
(7) Melakukan kegiatan–kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika;
(8) Menggunakan alat peraga sederhana maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan matematika.

Fokus tujuan yang hendak dicapai ketika siswa belajar "Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik" adalah ….
 A. (1), (2), (4)
 B. (1), (3), (5)
 C. (2), (4), (8)
 D. (2), (5), (7)

44. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun oleh seorang guru pada KD: " Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar":
(1) menyebutkan ciri-ciri dua bangun yang kongruen dan sebangun sebangun;
(2) mengidentifikasi dua bangun yang kongruen dan sebangun;
(3) menentukan kekongruenan antar bangun;
(4) menentukan kesebangunan antar bangun;
(5) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kekongruenan antar bangun.

IPK yang tepat adalah …
 A. (1) dan (2)
 B. (3) dan (4)
 C. (4) dan (5)
 D. (5) dan (6)

45. Pengetahuan yang dipelajari siswa pada saat belajar tentang "cara-cara menentukan hasil dari operasi perkalian" adalah pengetahuan … .
 A. Prosedural
 B. Faktual
 C. Konseptual
 D. Metakognitif

46. Pengalaman belajar yang sesuai untuk mendukung siswa mencapai tujuan pembelajaran "Melalui diskusi siswa dapat menerapkan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, atau persamaan" adalah … .
 A. secara berkelompok siswa menyelesaikan permasalahan suatu perusahaan untuk menentukan penambahan jumlah karyawan disebabkan permintaan waktu penyelesaian pesanan dari konsumen dimajukan
 B. secara berkelompok siswa ditugaskan untuk membuat tabel atau grafik kebutuhan bahan pokok suatu perusahaan untuk persediaan selama 3 bulan
 C. secara berkelompok siswa ditugaskan untuk menentukan konsep perbandingan yang sesuai untuk penyajian data dalam bentuk tabel atau grafik
 D. secara berkelompok siswa ditugaskan untuk menyelesaikan masalah persamaan dengan menggunakan konsep perbandingan

47. Berikut ini adalah beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang disusun oleh seorang guru pada KD: "Menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas daerah lingkaran yang dihubungkan dengan masalah kontekstual".
(1) Menjelaskan makna rumus keliling lingkaran yang ditemukan/diturunkan;
(2) Menjelaskan makna nilai phi (p) yang ditemukan/diturunkan;
(3) Menentukan keliling dan luas daerah lingkaran yang dikaitkan dengan masalah kontekstual;
(4) Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran.

IPK yang tepat adalah ....
 A. (1) dan (2)
 B. (2) dan (3)
 C. (3) dan (4)
 D. (4) dan (1)






Keyword:
Prediksi Soal dan Jawaban Tes Akhir Guru Pembelajar Online GPO Modul E Mapel Matematika SMP-D KK BE
Prediksi Soal dan Jawaban UKG Guru Pembelajar Online GPO Modul E Mapel Matematika SMP-D KK BE
Prediksi Soal dan Jawaban Tes Akhir Guru Pembelajar GPO Modul E Mapel Matematika SMP-D KK BE

0 komentar: